Inovasi Daur Ulang Plastik

13 Inovasi Daur Ulang PlastikInovasi Daur Ulang Plastik, mengubah karakter dunia dan cara hidup kita. Dia menamakan ciptaannya sebagai ‘plastik’, dan berharap bisa di produksi massal dan di gunakan untuk membuat peralatan yang terjangkau bagi masyarakat umum.

Sedikit yang dia bayangkan bahwa penemuannya akan jauh dan melampaui, dan di setiap rumah, kantor, restoran atau parkir mobil hari ini Anda hanya bisa melirik dan melihat minimal 5 barang plastik di sekitar Anda.

Barang-barang yang terbuat dari plastik telah menjadi bagian intrinsik dari kehidupan kita. Dari awal hari kami dengan sikat gigi plastik, hingga akhir hari kami dengan krim malam dalam tabung plastik, kami di kelilingi oleh plastik. Baca juga artikel kami lainnya tentang Perkembangan Inovasi Teknologi Dunia

Inovasi Daur Ulang Plastik

Pasokan plastik murah membuat produksi dan pengemasan barang konsumsi menjadi lebih mudah, harga menjadi lebih murah dan permintaan meningkat. Dan sekarang, maju cepat ke tahun 2020, kita benar-benar di banjiri plastik.

Dan ini, kita tidak bisa membiarkannya terjadi! Sekarang kita telah menghasilkan dan menggunakan begitu banyak sampah plastik, kita harus menemukan cara untuk mendaur ulang dan menggunakannya kembali. Sebelumnya, kami di tujuh belas tujuan Magazin telah membuat posting tentang teknik daur ulang bagi orang-orang untuk terlibat. Hari ini kami menulis tentang 5 cara inovatif di mana plastik di daur ulang dan di daur ulang untuk menciptakan barang yang bernilai.

Sembilan inovasi untuk mendaur ulang sampah plastik

1) Jalan dari plastik

Untuk menghentikan plastik agar tidak berakhir di lautan dan tempat pembuangan sampah, beberapa perusahaan di seluruh dunia kini mencoba strategi baru untuk melebur produk plastik, menggabungkan bahan tambahan dan kemudian menggunakan campuran tersebut untuk membuka jalan raya.

MacRebur adalah salah satu perusahaan pionir dalam membangun jalan raya plastik. Hanya menggunakan plastik sekali pakai untuk tujuan mereka, mereka berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon.

2) Inovasi Daur Ulang Plastik: Eco-Brick

Gunungan sampah plastik menumpuk di banyak negara berpenghasilan rendah. Apakah mungkin untuk melakukan sesuatu yang berguna dengannya? Inisiatif Ecobrick memiliki jawaban kreatif: botol plastik kosong di isi dengan plastik bersih, kering, dan plastik sekali pakai, di masukkan ke dalam hingga tepi jurang tanpa ada ruang di antaranya!

Hal ini membuat mereka sangat tahan dan seperti batu bata ramah lingkungan, yang kemudian dapat berfungsi sebagai blok bangunan yang dapat di gunakan kembali untuk sejumlah tujuan seperti membangun meja, tempat tidur, panggung atau bahkan dinding. Di Afrika Selatan bahkan sebuah sekolah dibangun dari Ecobrick.

3) Furnitur dari 3D Printing

Bayangkan sebuah Lab di kota pelabuhan Thessaloniki, yang menggunakan sampah plastik dari rumah tangga Yunani dan menciptakan furnitur perkotaan. The New Raw telah membuat ini menjadi kenyataan. Dalam proyek ini, bagian dari produk plastik daur ulang di gunakan untuk mengubahnya menjadi produk inovatif yang menghembuskan kehidupan baru ke ruang publik di dalam kota.

4) Tempat Penampungan dari Plastik

Jumlah pengungsi dan tunawisma di dunia semakin meningkat. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk datang dengan solusi perumahan yang terjangkau. Para peneliti dari University of Bath telah bekerja dengan perusahaan rekayasa plastik Protomax untuk merancang dan menguji tempat penampungan yang dapat di gunakan kembali. Bahan yang digunakan untuk tempat penampungan di sebut Storm Board dan terbuat dari sampah plastik daur ulang. Perumahan murah dan mudah dibangun seperti itu akan semakin di minati dalam beberapa hari mendatang dan memang bisa menjadi bagian dari solusi pandemi sampah plastik besar.

5) Pot bunga yang terbuat dari plastik daur ulang

Kisah sukses Belanda: perusahaan Elho dari Tilburg telah menggunakan sampah plastik sebagai bahan baku selama beberapa tahun. Moto mereka: “Beri ruang untuk alam”. Dari kaleng penyiram hingga pot dalam semua warna yang memungkinkan: setiap ibu jari berubah menjadi hijau dengan sendirinya! Misalnya, kaleng penyiram dari Elho terbuat dari 12 botol plastik deterjen cair.

6) Dapat didaur ulang berkat magnet

Altais Nova, sebelumnya disebut sebagai Aronax Technologies, Spanyol, sedang mengembangkan aditif magnetik yang bila di terapkan pada suatu bahan, menciptakan insulasi udara dan kelembaban yang lebih baik. Karena sifat magnetik aditif, yang kecil dan partikel silikat dan oksida besi berbentuk trombosit, memudahkan untuk mengidentifikasi dan memisahkan kemasan pada tahap daur ulang. Produk sensitif seperti kopi dan produk medis dapat dengan mudah disimpan menggunakan ini.

7) Plastik yang terbuat dari kayu

Pusat Penelitian Teknis Finlandia VTT telah menciptakan bahan multi-lapisan yang dapat dikomposkan dari produk sampingan pertanian dan kehutanan yang dapat di gunakan untuk mengemas barang-barang seperti muesli, kacang-kacangan, buah kering, dan beras. Produk sampingan kayu ini mengandung selulosa, polimer terbarukan yang paling melimpah di planet ini alternatif ramah lingkungan untuk kemasan plastik multi-lapis berbasis bahan bakar fosil.

8) Jerami bukan styrofoam

Perusahaan Landpack dari kota Bavarian Alling memproduksi bahan isolasi dari jerami. Tikar jerami melindungi seperti polistiren dan dapat di gunakan dalam pengiriman makanan, tetapi jauh lebih ramah lingkungan dan murah. Dan para petani juga mendapatkan sesuatu darinya: pembeli untuk jerami mereka yang tidak mereka butuhkan.

9) Peralatan makan sekali pakai yang terbuat dari sisa tanaman

Perusahaan Bio-Lutions, yang berbasis di Hamburg dan Bangalore, telah mengembangkan solusi efektif untuk sampah plastik: Kemasan kompos yang terbuat dari sisa tanaman. Limbah pertanian dapat di gunakan untuk kemasan seperti itu, yaitu komponen tumbuhan yang tidak lagi di gunakan untuk keperluan lain, mis. tomat, paprika, zucchini, hop atau tanaman rami serta jerami dan rumput. Aditif kimia tidak di gunakan dalam seluruh proses produksi peralatan makan sekali pakai. Di Jerman, produk Bio-lutions sekarang tersedia dari PapStar, produsen peralatan makan sekali pakai untuk pesta.

Transisi ke ekonomi daur ulang

Inovasi-inovasi ini menunjukkan apa yang bisa di capai ketika prinsip-prinsip ekonomi sirkular di adopsi. Sementara kampanye pembersihan laut dan pantai untuk mengumpulkan sampah plastik di perlukan, ini tidak akan pernah cukup kecuali kita mengurangi obsesi plastik kita. Sebagai individu, kita perlu menghapus produk plastik dan mengubah gaya hidup alternatif. Dan sampai kita mencapainya, biarkan inovasi ini memberi kita harapan!

Apakah Anda mendaur ulang plastik Anda dengan benar?

Daur ulang adalah cara terbaik untuk membantu lingkungan di Hari Bumi 2021 ini jika di lakukan dengan benar. Hanya membuang semua plastik Anda ke tempat sampah daur ulang bukanlah cara yang tepat. S

Sebagai gantinya, Anda perlu tahu plastik mana yang dapat di daur ulang dan mana yang harus di buang ke tempat sampah. Tetapi begitu Anda mempelajari detail penting ini, Anda akan membantu mengurangi pemborosan.

Plastik yang tidak di daur ulang akan di buang ke tempat pembuangan sampah, di bakar, atau di buang ke lautan. Pembakaran plastik menghasilkan karbon dioksida, yang bertanggung jawab atas ketidakseimbangan energi total yang menyebabkan suhu bumi meningkat, menurut NOAA Climate.gov.

Jika di tempatkan di tempat pembuangan sampah, dan plastik membutuhkan waktu antara lima hingga 600 tahun untuk terurai, tergantung pada jenisnya. Waktu rata-rata yang di butuhkan botol plastik untuk terurai adalah 450 tahun.